Pertebal Pengetahuanmu

Selamat datang

Putus Cinta dan Manfaatnya

Rabu, 13 Oktober 2010


Halah... lagi putus cinta. Mungkin sudah ratusan atau bahkan ribuan tahun lamanya, manusia dihantui dengan perasaan takut putus cinta. Kenapa? Karena selama itu pula mereka didoktrin dengan kisah-kisah yang menggambarkan betapa menyakitkannya putus cinta itu. Patah hati. Sakit hati. Bahkan ada yang sampai bunuh diri karena putus cinta. Ouuughhhh.....!!! Seolah-olah putus cinta tidak ada manfaatnya sama sekali.
Dalam artikel ini saya ingin mendobrak semua semua itu dan mengungkap manfaat putus cinta dalam kehidupan seorang manusia.

Setidaknya, ada 4 manfaat putus cinta dalam kehidupan manusia yang bisa diambil


1. Manfaat putus cinta sebagai Sarana mengevaluasi dan introspeksi diri
Putus cinta adalah sarana yang tepat untuk kita mengevaluasi hubungan yang baru saja kita jalani dan kandas itu. Introspeksi diri juga sangat tepat dilakukan saat putus cinta. Mengambil hikmah yang tersembunyi di balik sesuatu yang terjadi.

2. Manfaat putus cinta sebagai bahan pembelajaran
Hidup adalah proses untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Dan dalam setiap proses selalu saja menyertakan kegagalan di dalamnya. Seperti yang pernah saya tulis dalam 7 Manfaat kegagalan untuk meraih kesuksesan, silakan dibaca. Pengalaman gagal dalam menjalin hubungan sebenarnya telah memberi kita banyak pembelajaran untuk menjalani hubungan yang selanjutnya. Bukankah pelajaran selalu adalah guru yang sangat berharga?

3. Putus cinta menjadikan kita orang yang bebas
Putus cinta berarti sebuah kebebasan. Ketika kita menjalani hubungan sering kali kita merasa ruang gerak kita serba terbatas. Kita seolah terikat dengan sesuatu (pasangan-gen) yang membuat kita..., ah, pokoknya ngga bebas. Nah, dengan tidak adanya pacar, kita bisa lebih bebas melakukan apa yang kita mau. Dengan catatan kebebasan yang bertanggung jawab..!

4. Putus cinta agar bisa mencari yang lebih baik
Saya percaya, Tuhan telah menentukan jodoh yang terbaik buat kita. Kalau dia tidak bisa selalu bersama kita, berarti dia memang bukan yang terbaik buat kita. Terkadang kita selalu menemukan orang yang salah seelum menemukan orang yang benar-benar tepat. Supaya suatu saat nanti, ketika kita bertemu dengan dia, kita bisa tahu. bahwa dia memang orangnya. Ayo cari dia.., temukan dia.., dia ada disana, sedang menunggu kita. Seseorang yang lebih baik. Bahkan yang terbaik... Wake up ..!!!

Ah, akhirnya dari semua ini kita tahu. bahwa putus cinta bukanlah sebuah keadaan di mana kita harus jatuh dan terpuruk. Melainkan langkah awal untuk menjadi manusia yang lebih baik, seorang pecinta yang lebih mengenal arti cinta yang sebenarnya. Itulah manfaat putus cinta...

0 komentar:

Poskan Komentar